BC Dumai Ekspos Hasil Tegahan

0
70

DUMAI, KOMPASRIAU.com-Kantor Pengawasan, Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Dumai ekspos sejumlah barang bukti hasil penindakan dugaan tindak pidana penyeludupan periode triwulan ke III tahun 2018.

Pelaksanaan ekspos Barang Bukti (BB) hasil tegahan tersebut berlangsung di depan kantor BC Dumai, hari ini, Kamis (11/10/2018) sekitar pukul 10.00 Wib, di pimpin Kepala Kantor BC Tipe Madya Pabean B Dumai, Fuad Fauzi.

Selain pihak jajaran BC Dumai, Danlanal Dumai, Yose Aldino, Dandim 0320 Dumai, Horas Sitinjak, Ketua Pengadilan Negeri kelas IA Dumai diwakili hakim Renaldo MH Tobing SH MH, Kapolres Dumai diwakili dan pejabat lainnya turut diundang BC dalam sesi ekspos.

Jenis BB hasil penindakan yang dilakukan BC Dumai dalam press release Kepala Kantor (Kakan) BC Dumai, Fuad Fauzi, menyebut BB terdiri dari 184 botol minuman mengandung ethil alkohol (MMEA) ilegal.

Menurut Fuad Fauzi, MMEA ilegal ini berhasil diamankan dari terminal bus Kota Dumai oleh petugas BC Dumai dengan bersinergi antara petugas BC Dumai dan petugas SUBDENPOM Dumai.

Kemudian terdapat penindakan 11 karton dengan jumlah 215 botol MMEA ilegal diamankan BC dari kapal boat pancung usai dipindahkan dari kapal penumpang Ferry MV Batam Jet 2 di terminal ferry pelabuhan Dumai.

Penindakan kedua terhadap 215 botol minuman alkohol ilegal tersebut imbuh Fuad Fauzi merupakan hasil pengawasan, pengamatan dan pemeriksaan oleh petugas BC Dumai.

Selain minuman beralkohol kelas atas yang berhasil diamankan, dalam waktu yang berbeda, petugas BC juga mengamankan 14 balepress kain bekas di terminal pelabuhan ferry Dumai usai dibongkar dari kapal ferry ruten Batam tujuan Dumai.

Demikian penindakan dilakukan petugas BC terhadap 50 balepress kain bekas ilegal saat diangkut 1 unit truck Colt Diesel dibongkar dari kapal di Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai. Truck ditangkap saat melintas di jalan lintas umum Dumai-Sei Pakning, Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu, terdapat lagi jumlah besar BB 507 balepress kain bekas ilegal hasil tangkapan pihak petugas Bea dan Cukai Dumai menjadi bagian paparan disampaikan Kakan BC Dumai, Fuad Fauzi, dalam ekspos tersebut.

Kata Fuad Fauzi dihadapan sejumlah awak media termasuk pejabat penegak hukum dan pejabat lainnya, bahwa balepress partai besar (507 bale), berhasil diamankan BC atas didapatnya informasi dari satuan intelijen PATKOR KASTIMA.

Satuan intelijen Patkor Kastima kata Fuad Fauzi melihat kapal KM Anugrah bermuatan balepress melintas di perairan laut antara Bagan Siapi-api-Tanjung Sinaboi, Rohil.

Dengan adanya informasi dimaksud, maka tim Patroli BC Dumai dan tim patroli BC Kanwail DJBC khusus Kepri dan bersinergi dengan tim SUBDENPOM Dumai melakukan pengejaran.

Kemudian petugas berhasil mengamankan kapal KM Anugrah yang bermuatan kain bekas tersebut namun dengan kondisi kapal keadaan kandas dan bocor di tepi Sungai Rokan, Pulau Padamaran, Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau.

Maka seluruh jumlah BB minuman alkohol berbagai merek yang berhasil diamankan pihak BC Dumai selama periode ke III, kata Fuad Fauzi berjumlah 399 botol.

Sedangkan balepress kain bekas impor ilegal yang berhasi ditindak dan diamankan dalam masa periode III itu juga seluruhnya terdapat 571 bale termasuk mengamankan kapal KM Anugrah.

Dijelaskan Kepala Kantor BC Dumai yang baru menjabat ini mengatakan, pihaknya (BC) masih melakukan proses pendalaman penyelidikan soal kepemilikan terhadap perkara BB yang sudah diamankan.***(Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here