Kejari Dumai Perdana Menggunakan Aplikasi Sistem Online Monitoring Perkara Pidana Umum

0
39

DUMAI, KOMPASRIAU.com – Aplikasi sistem kontrol perkara pidana umum secara online yang akan digunakan kantor kejaksaan negeri (kejari) Dumai baru yang perdana diterapkan di lingkungan kejaksaan di Riau.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Dumai, Yunius Zega SH, mengakui sistem kontrol perkara secara online akan memudahkan pihaknya untuk mengkontrol percepatan dalam proses penyelesaian perkara mulai pra tuntutan, penuntutan dan eksekusi.

“Kedepan akan diterapkan sistem ini, dengan penggunaan aplikasi sistem online dapat memudahkan kontrol dalam proses penyelesaian perkara dan juga untuk kontrol Jaksa agar tidak melewati masa penanganan perkara,”imbuh Yunius Zega.

Menurut Yunius Zega, setelah kedepan diterapkan pemakaian aplikasi sistem online, ada aplikasi mengingatkan JPU misalnya tentang mulai tahapan penyerahan SPDP dari penyidik berkas harus dilimpahkan setelah 30 hari.

“Kalau 30 hari berkas belum masuk, maka SPDP akan dikembalikan ke penyidik,”ungkap Yunius mencontohkan.

Selain memudahkan pihaknya memonitoring secara online dalam kontrol penyelesaian perkara, kata Yunius kedepan publik juga dapat mengakses atau monitoring secara online perkembangan perkara di kejari Dumai.

“Jadwal persidangan pengadilan muncul juga di kejaksaan, sehingga warga dapat mengakses perkembangan peradilan di Kota Dumai secara online,”jelas Yunius.

Dengan di lounchingnya pengunaan aplikasi sistem kontrol perkara pidana umum secara online, Rabu (31/10/2018), pihak kejari Dumai masih melakukan proses input data perkara yang masuk di kejaksaan Dumai.***(Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here