Menciptakan Pemilu Yang Aman Dan Damai

0
44

DUMAI,KOMPASRIAU.com-Menciptakan pemilu yang aman dan kondusif di Kota Dumai dan menyamakan persepsi dalam melaksanakan pengamanan, Kepolisian Resor Kota Dumai, Senin (21/01/2019), menggelar apel 3 pilar meningkatkan sinergitas Polri, TNI dan pemerintah untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Kapolres Dumai AKBP Restika P. Nainggolan, Dandim 0320/Dumai, Letkol Horas Sitinjak dan Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo secara bersamaan bertindak sebagai pimpinan apel 3 pilar, di halaman Mapolres Dumai.

“Apel 3 pilar ini merupakan momentum dalam menciptakan sinergisitas yang solit selama tahapan pemilu serentak Pilpres dan Pileg baik tingkat kota, Provinsi maupun nasional,”ujar Kapolres Dumai AKBP Restika P. Nainggolan,S.I.K.

Sebagai ujung tombak dalam menciptakan situasi aman dan kondusif selama pemilu serentak ini kita mengedepankan Babinsa, Babinkamtibmas dan Lurah. Kita harap mereka yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dapat menjadi yang terdepan dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,”harap Kapolres

“Untuk pengamanan pemilu serentak ini kita meburunkan 175 personil baik itu saat ada kampanye maupun tidak ada kampanye hingga puncak pengamanan nantinya pada 17 April 2019 saat proses pemilihan,”ujar Kapolres.

Ditegaskan Kapolres, polisi akan netral selama proses pemilu dan hadir ditengah masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Apel ini juga kita gelar untuk memastikan kesiapan kita dalam melaksanakan pengamanan pemilu serentak ini,”tegas Kapolres.

Sementara itu, Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo dalam sambutannya mengapresiasi apel siaga yang digelar oleh Polres Dumai ini. “Kita mengapresiasi apel ini dan ini sebagai wujud kita bersama untuk komitmen dalam mengamakan proses pemilu serentak yang aman dan kodusif bersama masyarakat,”ujar  Eko Suharjo.

“Pemilu serentak kali ini adalah sejarah hari bagi bangsa ini dalam menciptakan kedaulatan ditengah masyarakat. Untuk itu diadakan pemilu yang dilaksanakan secara jujur dan adil bebas dan rahasia sebagaisarana dan prasarana terciptanya kedaulatan rakyat,” tambah Eko.

Eko berharap dengan Apel 3 Pilar ini dapat berlangsung dengan aman di Kota Dumai seperti Pilkada-pilkada yang berlangsung di Kota Dumai.

Begitu juga Dandim 0320/Dumai, Letkol Inf Horas Sitinjak dalam amanatnya mengatakan, keberhasilan pemilu Walikota 2015 dan Pilgubri 2018 yang lalu tidak terlepas dari netralitas TNI, Polri dan Pemko Dumai serta sumbangsih pengamanan yang dilaksanakan juga peran serta dari masyarakat yang komitmen menjaga kemanan. Ini hendaknya tetap berlangsung dipemilu serentak 17 April mendatang,”ujar Dandim.

“Pesta demokrasi 2019 merupakan even akbar nasional yang menjadi perhatian kita semua, pileg dan pilpres harus dapat berjalan dengan lancar, aman, damai dan sukses. Perkembangan situasi lainnya juga tetap menjadi bagian dari kewaspadaan kita semua, kondisi regional dan global yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung guna memastikan proses pemilu,”ujar Dandim.***(Hms/Pemko)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here