Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pada Pengadilan Negeri Dumai

0
93

DUMAI,KOMPASRIAU.com-Kamis (11/4/2019), pencanangan pembangunan zona integritas pada Pengadilan Negeri (PN) kelas IA Dumai menuju wilayah bebas Korupsi (WBK) dan wilayah Birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Pencanangan pembangunan zona integritas tersebut ditandai dengan acara penandatanganan ikrar fakta integritas bersama oleh Forkopinda kota Dumai dengan Ketua PN Dumai, Hendri Tobing, SH. MH.

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) yang hadir menandatangani ikrar pencanangan zona integritas tersebut diantaranya, Kapolres Dumai, AKBP Restika P.Nainggolan,S.I.K, Kajari Dumai, Mat Perang Yusuf SH, Danlanal Dumai, Letkol (P) Wahyu Dili Yudha Hardianto,Kodim 0320/Dumai,Karutan Dumai dan Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS.

Dalam sambutannya dihadapan tamu undangan Forkopinda Kota Dumai, Ketua PN Dumai, Hendri Tobing SH. MH, mengungkapkan, bahwa berbagai program telah dilaksanakan di lingkungan PN Dumai untuk membangun zona integritas di PN Dumai.

Hal tersebut kata Hendri Tobing guna mendorong terjadinya perubahan pelayanan yang prima dan signifikan di wilayah Pengadilan Negeri kelas IA Dumai, baik dari mulai aspek pelayanan, aspek fisik, administrasi hingga teknis yudisial.

Karenanya kata Hendri, performa pelayanan di PN Dumai harus dikelola berdasarkan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik dan profesional untuk sepenuhnya mengabdi pada kepentingan pencari keadilan, pelayanan yang prima dan bebas KKN.

“Semangat inilah yang menjadi landasan kokoh sehingga dicanangkannya Zona Integritas di Pengadilan Negeri Dumai,”imbuh Hendri Tobing.

Untuk mencapai perubahan pelayanan prima dan profesional yang signifikan, seluruh unit lingkungan PN Dumai disebut secara bertahap telah mengaktualisasikan pencanangan zona integritas menuju wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Bersih dan Melayani.

Arah tercapainya penandatangan pencanangan zona integritas pada PN Dumai lanjut Hendri Tobing, ia menyebut mengutip konsep utama zona integritas yakni dari konsep “islan of integrity”.

Dimana konsep “islan of integrity” adalah merupakan suatu wilayah hukum yang secara limitatif menerapkan prinsip-prinsip anti korupsi dan tulus melayani pencari keadilan. “Konsep inilah yang saat ini sedang diterapkan di PN Dumai,”tandas Hendri lagi.

Lebih jauh dijelaskan ketua PN Dumai yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua di PN Dumai tersebut, bahwa penerapan pencanangan zona integritas tersebut, Hendri Tobing mengaku PN Dumai memiliki landasan hukum.

Landasan hukum dimaksud berupa Peraturan Presiden RI Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 dan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi, wilayah birokrasi dan melayani.

Dalam amanah peraturan tersebut aku Hendri Tobing lagi menyebut bahwa pada tahun 2019, situasi kerja dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih dan bebas KKN, serta pelayanan publik yang maju dan mampu bersaing secara global harus terealisasi.

Demikian soal kapasitas, akuntabilitas kinerja birokrasi yang semakin baik serta Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur semakin membaik dan pola pikir hingga budaya kerja mencerminkan integritas yang semakin tinggi sangat dituntut harus terealisasi.

Oleh sebab itu jelas Hendri dalam sambutannya menambahkan, dengan pencanangan pembangunan zona integritas tersebut diharapkan terdapat perubahan dan perbaikan nyata sebagai sebuah landasan kokoh demi terwujudnya performa kinerja PN Dumai yang unggul.

“Tentunya perjuangan untuk mencapai Visi Mahkamah Agung sebagai Badan Peradilan Yang Agung masihlah panjang dan banyak tantangan yang perlu dihadapi,”ungkap Hendri.

Karenanya semangat berintegritas, kerja keras, kerja cerdas dan solidaritas dari seluruh stakeholder terkait, merupakan suatu langkah awal yang baik untuk merealisasikan.

“Maka dari itu, saya atas nama segenap keluarga besar Pengadilan Negeri Dumai mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan dari institusi terkait guna mewujudkan zona integritas yang hakiki di Pengadilan Negeri Dumai,”imbuh Hendri pada tamu yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Dumai, Drs H. Zulkifli AS, mendukung dan menyebut apresiasi yang tinggi atas pencanangan zona integritas di wilayah PN Dumai untuk membangun terbentuknya wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih, melayani.***(Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here