Persoalan Marihot Sitorus Tidak Perlu Diperdebatkan

0
130

DUMAI,KOMPASRIAU.com-saat ini khususnya masyarakat Kota Dumai dihebohkan dengan adanya persoalan Marihot Sitorus yang merupakan Calon DPRD Kota Dumai dengan nomor urut 9 Dapil IV, Kecamatan Dumai Barat-Dumai Selatan dari Partai PDIP.

Pasalnya nama Marihot Sitorus mendadak terkenal dikarenakan dirinya telah dilaporkan warga ke Bawaslu terkait money politik beberapa hari lalu. Namun persoalan ini belum sampai secara resmi ke Pengurus Partai PDIP Kota Dumai.

Hal ini dikatakan Uber Firdaus selaku Ketua DPC PDIP Kota Dumai kepada awak media, bahwa hingga saat ini belum ada masuk ke Pengurus Partai terkait persoalan Marihot tersebut.

“Terkait persoalan Marihot Sitorus, hingga saat ini belum ada laporan maupun persoalan lainnya yang masuk ke Pengurus Partai PDIP Dumai,” ucap Uber kepada Awak Media, Sabtu (27/04/2019).

Menurut Uber, bahwa dari Pengurus Partai PDIP mendapat kabar malah dari berita media. Namun sejauh ini belum ada secara resmi dari manapun.”Termasuk dari Marihot Sitorus sendiri, selaku terlapor. Memang beliau ada datang kekantor DPC PDIP, namun secara kebetulan saya tidak berada ditempat. Sebab saya juga Caleg, jadi saya juga sibuk,” kata Uber.

“Kita mendapat kabar terkait Marihot Sitorus dilaporkan oleh warga ke Bawaslu, malah dari rekan-rekan media,” tutur Ketua DPC PDIP Kota Dumai ini.

“Nah dari pemberitaan tersebut, disitulah kita mengetahui jika persoalan ini sudah ke Bawaslu dan Gakumdu. Namun kita juga membaca, bahwa Marihot membantah hal itu, ia mengatakan bahwa itu fitnah,”beber Uber Firdaus.

Ketika awak media menanyakan kepada Uber Firdaus, bagaimana sikap Pengurus Partai DPC PDIP Kota Dumai yang dipimpinnya terkait persoalan Marihot tersebut.

“Yang kita baca dari berita di media, bahwa persoalan inikan sudah ditangani Bawaslu, nah kita tunggu saja hasilnya. Namun kita berharap ini tidak berlanjut, sebab akan berdampak kepada Partai juga,” ucapnya.

“Bagi kita, siapapun yang terpilih tidak menjadi persoalan bagi Partai, karena tujuan Partai adalah bagaimana mendudukkan kader-kader Calegnya baik di DPRD Daerah, Provinsi dan Pusat.” tutup Uber.
Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Bidang Kehormatan dan juga Ketua Bapilu DPC Partai PDIP Kota Dumai. H.Suseto SH.

“Masalah Marihot Sitorus, kita malah dapat kabar dari pemberitaan di media massa,”ucapnya kepada awak media, Sabtu (27/04/2019).

“Jujur saja, kita mengetahui persoalan ini dari Pemberitaan Media, kalau dari Partai belum ada menerima Laporan apapun, baik dari Warga maupun Marihot sendiri,” kata Suseto lagi.

Suseto menjelaskan, jika persoalan ini sudah ditangani oleh Bawaslu dan Gakumdu, kalau itu Pengurus Partai PDIP Dumai serahkan kepada jalur hukum yang ada.”Mengenai adanya asumsi memalukan Partai tentang money politik, itu ya sah-sah saja, namun persoalan inikan belum ada kejelasan status hukumnya,” ujar Wakil Ketua Bidang Kehormatan, DPC Partai PDIP Kota Dumai. H.Suseto, SH.

Menurut Suseto, terkait kasus ini tidak ada dampak efek buruk terhadap Partai. Sebab kasus inikan usai Pemilu, bukan sebelum pemilu..? Lain hal ini terjadi sebelum pemilu, seperti yang kita dengar-dengar, maka itu bisa berdampak buruk terhadap Partai,”beber Suseto lagi.

“Pada intinya, pengurus Partai Dumai akan menunggu hasil dari Bawaslu, yang sudah diserahkan ke Gakumdu,”lanjut Suseto.

Suseto yang merupakan Calon DPRD 2019-2024 Provinsi Riau dari Partai PDIP ini sempat bercerita, adanya Caleg di Duri yang difitnah.

Ini bisa saja seperti cerita kasus Caleg PDIP di Duri, ada salah satu Caleg PDIP yang di fitnah, dengan cara oknum pemitnah memasukan Uang dan Kartu nama di Amplop, lalu ditebarkan ke rumah-rumah masyarakat, lalu di foto sama warga lalu disebar, maka viral.

“Nah setelah ditelusuri oleh Tim sang Caleg yang di fitnah, ketahuan pelaku penyebar fitnah itu ternyata merupakan Caleg dari Partai lain. Nah dugaan kita kasus ini bisa saja seperti itu, namun kita tidak bisa juga menyamakan yang terjadi dengan saudara kita Marihot Sitorus tersebut,”kata Suseto.

Lanjut Wakil Ketua Bidang Kehormatan dan juga Ketua Bapilu DPC Partai PDIP Kota Dumai ini, persoalan ini tidak perlu diperdebatkan, karena Pemilu sudah selesai.
“Himbauan kita kepada masyarakat maupun semua pihak, hendaknya kita tunggu saja apa hasil keputusan Bawaslu dan Gakumdu,”tandas H.Suseto SH.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here