Gubri, Wako Dan Pelindo Rembuk Lokasi Pelabuhan Kapal RoRo Dumai-Malaka

0
81

DUMAI, KOMPASRIAU.com-Rapat bilateral antara Indonesia dan Malaysia soal pengoperasian kapal Ro-Ro Dumai-Malaka akan kembali digelar 17 Juni 2019 mendatang.

Dalam rapat bilateral kedua negara ini mendatang, lokasi pelabuhan kapal Roll on – Roll off (RoRo) di Dumai sudah harus ditentukan, apakah pelabuhan Pelindo I Cabang Dumai atau pelabuhan Bandar Sri Junjungan.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Dumai, Asnar SP M.Si, mengatakan, soal lokasi pelabuhan Ro-Ro Dumai-Malaka masih alot dibahas dalam rapat.

Menurut Asnar, tindaklanjut rapat-rapat sebelumnya kembali digelar di aula rapat komplek Swarna Jakarta kemaren membahas kesiapan operasional kapal RoRo rute Dumai-Malaka.

Dalam rapat kata Asnar, Gubernur Riau, Syamsuar, Walikota Dumai, Zulkifli AS maupun Kadishub Dumai, Asnar SP M.Si memperjuangkan agar lokasi pelabuhan kapal RoRo Dumai-Malaka berada di pelabuhan Bandar Sri Junjungan yang saat ini kapal RoRo Dumai-Rupat beroperasional.

Namun dalam rapat yang di hadiri Gubri, Syamsuar, Wako Dumai, Zulkifli AS dan Kadishub Sendiri, kata Asnar, sempat pembahasan alot soal lokasi pelabuhan RoRo di pelabuhan Bandar Sri Junjungan.

Menurut Asnar, rapat yang juga dihadiri Direktur Lalu Lintas Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, Kadishub Riau dan Direktur Pelindo I yang sempat alot soal tempat atau lokasi pelabuhan RoRo sudah hampir lampu hijau akan berada di pelabuhan Bandar Sri Junjungan, namun belum final kata Asnar.

Karenanya kata Asnar kepada media ini menjelaskan, untuk memecahkan persoalan soal lokasi pelabuhan kapal Ro-Ro rute Dumai-Malaka tersebut, Gubri bersama Walikota Dumai dan Pelindo 1 akan duduk besama membentuk tim kecil merembuk/memecahkan persoalan lokasi pelabuhan kapal Ro-Ro Dumai- Malaka.

Dimana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Pemko Dumai dalam hal ini Dishub Dumai berharap bahkan berupaya agar lokasi pelabuhan kapal RoRo berada di pelabuhan Bandar Sri Junjungan.

Sementara pihak PT Pelindo I Cabang Dumai juga menyampaikan kesiapan perusahaan tersebut bila pelabuhan Pelindo I ditunjuk sebagai pelabuhan RoRo rute Dumai-Malaka.***(Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here