Dikabarkan Oknum Ketua Pokja Diduga Menerima Gratifikasi Dari Kontraktor

0
110

DUMAI,KOMPASRIAU.com-Oknum Ketua Pokja di Kota Dumai dikabarkan panik setelah dipublikasikan di media online infestigasi.com dugaan menerima gratifikasi dari Kontraktor. Padahal, sebelum berita tersebut dipublikasikan di media online, wartawan yang bertugas di lapangan sudah melakukan konfirmasi via telepon seluler kepada oknum ketua Pokja itu, namun tidak ada jawabannya.

Jumat (10/5/2019), mayoritas kontraktor yang pernah komunikasi dengan oknum Ketua Pokja mengaku merasa tidak puas dengan kinerjanya yang syarat dengan dugaan besaran pemberian fee untuk memenangkan lelang suatu paket  pekerjaan di lingkungan Pemko Dumai.

Bahkan sekitar 10 orang kontraktor menyatakan gembira membaca berita di media online tentang sosok oknum Ketua Pokja diduga menerima gratifikasi dari kontraktor bahkan di share ke media sosial Face Book.“Beritakan saja terus bang, biar tahu rasa dia,”ujar seorang kontraktor.

Kontraktor yang lain menyebutkan oknum ketua Pokja  disinyalir dalam menentukan pemenang lelang bekerjasama dengan oknum berinisial Ren dan Sup.

Menurut sumber, tugas oknum berinisial Ren terindikasi menjemput uang kontan dari kontraktor pemenang, sedangkan Sup bertugas mencari perusahaan pendamping untuk ikut lelang secara online.

Seolah-olah banyak perusahaan yang ikut mendaftar secara online lewat LPSE Dumai, namun ketiga orang ini diduga sudah tahu perusahaan siapa yang akan di menangkan.Jika proyek pekerjaan  tersebut menggunakan material ready mix, maka perusahaan pemenang diarahkan untuk menggunakan ready mix dari perusahaan Sup.

Seperti di ketahui, selama ini kontraktor enggan ikut mendaftar lelang secara online lewat LPSE kota Dumai, karena tanpa restu sebagai pemenang lelang, sia-sia ikut mendaftar.

Namun tidak mungkin hanya 1 perusahaan yang mendaftar, nanti lelang batal dan untuk mencegah hal itu di cari perusahaan lain untuk ikut lelang, seolah-olah yang berminat lelang telah cukup sesuai aturan yang berlaku.

Jika perusahaan yang tidak di inginkan menang lelang , walau memenuhi persyaratan dan harga penawaran terendah, oknum Ketua Pokja mencari-cari titik kesalahan perusahaan yang tidak diinginkan.Bahkan kalau perusahaan lain tersebut  ranking 1 juga tidak di menangkan.Yang pasti, tiada lelang murni lewat LPSE Dumai, pasti setoran,”cetus Uj.

Untuk menuntaskan permasalahan lelang proyek melalui LPSE Dumai lewat oknumn Ketua Pokja dan mengungkap kemana aliran dana yang diduga  terima oknum Ketua Pokja tersebut, apakah mengalir  ke tangan pihak-pihak lain ? Agar terang benderang masalah Pokja yang dikendalikan oknum Ketua Pokja, KPK didesak usut dugaan gratifikasi lewat oknum Ketua Pokja.

Guna keseimbangan berita di media ini, sesuai dengan kode etik jurnalistik dan agar berita berimbang serta menghindari fitnah, wartawan media ini telah melakukan konfirmasi via telepon selular oknum Ketua Pokja, namun nomor telepon selulernya tidak aktif.***(Ricki Hutagalung)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here