PT. Pelabuhan Dumai Berseri Terapkan Pelayanan Prima

0
58

DUMAI,KOMPASRIAU.com-Pelabuhan Dumai Bandar Sri Junjungan (BSJ) merupakan salah satu pelabuhan penumpang domestik. Keberadaan pelabuhan dan Terminal Penumpang BSJ sarana dan prasarana sesuai aturan dan ketentuan undang-undang telah dipersiapkan sesuai kebutuhan. Pelabuhan BSJ sejak diresmikan beroperasi dengan baik.

Terminal Pelabuhan Dumai BSJ dikelola oleh BUMD Kota Dumai, PT. Pelabuhan Dumai Berseri (PT.PDB). Sejak dioperasikan awal Februari 2019, sudah tujuh bulan lamanya, sampai sekarang, PT.PDB telah menunjukkan kinerjanya yang kian hari kian menggembirakan sesuai izin yang dimiliki dari Kementrian Perhubungan Laut RI, yaitu Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

Memang tidak dapat dipungkuri bahwa pengendalian dan mengelolah terminal penumpang domestik, bukanlah segampang yang dibayangkan,namun harus penuh ketabahan dan keseriusan serta komit dalam melaksanakan amanah yang diberikan kepada BUMD, yaitu PT.PDB  mengantongi izin BUP.

Perkembangan yang signifikan, semakin tampak jelas bahwa dari hari ke hari, PT.PDB terus berpacu meningkatkan kinerjanya lebih baik. Hal tersebut terlihat dari keberadaan dan situasi terminal penumpang domestik pelabuhan BSJ Dumai sekarang tampak aman, tertip serta terkendali.

Dari penelusuran awak media ini di terminal pelabuhan BSJ, petugas dari beberapa instansi terkait bersamaan dengan petugas PT.PDB, setiap hari beraktivitas di terminal pelabuhan BSJ sesuai SOP dan tupoksinya berjalan dengan baik.

Dari investigasi awak media ini langsung ke lapangan di terminal penumpang domestik pelabuhan BSJ Dumai, kinerja yang tampak dari pihak pengelola terminal pelabuhan BSJ, yaitu PT.PDB, mulai dari tingkat pimpinan seperti Manager operasional, Kabid Kepelabuhanan dan petugas bagian ADM pelayanan dan sekurity serta petugas instansi terkait, seperti KSOP, Kepolisian, Petugas TNI-Al dan Karantina serta yang lainnya, yang beraktifitas di pelabuhan BSJ, setiap hari kerja tak kenal lelah dan terus meningkatkan kinerjanya dengan memberikan pelayanan yang prima. Sehingga bisa dibilang kian hari suasana dan kondisi terminal penumpang domestik Bandar Sri Junjungan Dumai berubah, kini sudah semakin terasa nyaman, tertib, teratur dan terkendali. Dan arus penumpang yang ada keluar masuk pelabuhan BSJ semuanya mendapatkan pelayanan yang menyejukkan.

Dari pengakuan salah satu penumpang yang masuk pelabuhan BSJ berangkat dari Batam Kepri, pada tanggal 9 Agustus 2019 berinisial Br. Manurung, yang bincang-bincang dengan awak media ini di ruang tunggu terminal mengatakan,”Kondisi terminal BSJ ini sudah semakin tertib nyaman,”ujarnya sembari menyebut permisi kepada awak media ini karena mau masuk mobil jemputan service perusahaan Bus Bintang Utara di Dumai.

Lain lagi menurut salah seorang penumpang dari Tanjung Pinang Kepri, yang hendak berangkat ke Sumbar, saat bertemu dengan awak media ini di depan terminal pelabuhan BSJ mengatakan,”Pelayanan di terminal penumpang ini sudah semakin meningkat, sehingga kita merasa nyaman,”ucap penumpang itu menjawab awak media ini.*** (Rudi D Sirait)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here