Truck Angkutan Berat Bebas Masuk Wilayah Perkotaan, “Instansi Berwenang Tutup Mata” ?

0
86

DUMAI, KOMPASRIAU.com-Truck besar berbobot puluhan ton akhir-akhir ini tampak kerab memasuki salah satu tempat di wilayah perkotaan Kota Dumai.

Fenomena ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana truck berbobot tonase berat ada pembatasan dan larangan yang diterapkan oleh pemerintah setempat melalui Dinas Perhubungan Kota Dumai.

Namun belakangan ini pembatasan dan larangan mobil truck besar berbobot puluhan ton masuk kota seakan sudah terabaikan alias dilanggar padahal rambu-rambu larangan masih terlihat jelas terpampang di pintu masuk kota yang dibuat oleh pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai itu sendiri.

Padahal dengan adanya larangan dan batasan bagi mobil truck berbobot puluhan ton masuk ke wilayah perkotaan oleh pemerintah setempat tentunya akan mengurai kemacetan lalu lintas di jalan perkotaan dan juga memperkecil kerusakan jalan akibat bobot angkutan truck yang tidak sesuai daya beban badan jalan.

Sebagaimana informasi dari warga diperoleh media ini, Jumat (14/2-2020) pagi tadi, mobil truck berat berbobot puluhan ton yang diduga melebihi daya beban jalan belakangan ini kerab masuk ke halaman belakang gedung City Mall melintasi jalan raya Bukit Datuk Kota Dumai.

Setidaknya dua kali sehari mobil truk besar akan masuk ke wilayah gedung swalayan City Mall wilayah jalan raya Bukit Datuk, Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, ungkap warga yang enggan namanya diekspos.

“Warga di sini heran pak kok truk besarĀ  bebas masuk kota. Memang benar truk itu bongkar barang di belakang gedung City Mall”, ujar sumber itu.

Menurut warga ini, kalau mobil besar bebas masuk kota efeknya akan mengakibatkan atau memcepat rusak jalan wilah kota Dumai karena beban truk yang berat tidak sesuai kapasitas daya jalan.

“Kami warga meminta pak polisi dan dinas perhubungan menindak tegas supir truk itu jangan seolah-olah ada pembiaran mobil truck besar masuk ke dalam kota, kan sudah ada aturan”, imbuh warga itu berharap.

Sementara itu, terkait informasi mulai seringnya truk besar masuk kota yang diterima media ini dari warga, awak media ini pun mencoba turun ke wilayah yang disebut warga dan ternyata informasi tersebut benar adanya.

Pantauan media ini di jalan masuk halaman belakang gedung swalayan City Mall Kota Dumai tampak satu unit truk besar sedang berhenti menunggu giliran bongkar barang, sedangkan satu unit truk besar lainnya juga terlihat sedang aktivitas bongkar barang oleh pekerja di halaman belakang City Mall tersebut.

Menyikapi laporan warga soal truk besar mulai bebas masuk kota khususnya ke wilayah gedung swalayan City Mall, media ini mencoba menghubungi Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Asnar, namun gagal karena nomor handphone milik Asnar tidak aktif.

Kemudian awak media ini juga mencoba konfirmasi singkat lewat nomor WhatsApp Sekretaris Dishub Pemko Dumai, Asnam, akan tetapi Asnam tampak enggan memberikan penjelasan kepada publik karena Asnam telah membaca konfirmasi yang dilayangkan kompasriau.com.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Dumai, AKP Agustinus, juga dikonfirmasi media ini soal bebasnya truk besar masuk kota, akan tetapi konfirmasi pesan singkat yang dikirim kompasriau.com ke nomor WhatsApp Kasat Lantas itu belum ada balasan dan jawaban hingga berita ini dirilis kompasriau.com*** (Tambunan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here