Ketua Umum IKMBD Tidak Akui Keberadaan Generasi Muda Batak Dumai (GMBD)

0
1853

DUMAI,KOMPASRIAU.com-Ketua Umum Ikatan Keluarga Masyarakat Batak (IKMBD) Dumai, Ir Parluhutan Harianja dan jajaranya tidak mengakui keberadaan Generasi Muda Batak (GMBD) Dumai. Pasalnya, sejak berdirinya organisasi Generasi Muda Batak Dumai (GMBD) tidak pernah berkoordinasi dengan tokoh masyarakat batak, pengurus ataupun penasehat IKMBD di Kota Dumai.

“Kita akan segera surati Pemerintah setempat termasuk pengurus-pengurus organisasi 17 suku di Kota Dumai, untuk memberitahukan bahwa berdirinya Generasi Muda Batak Dumai tidak sepengetahuan pengurus dan penasehat IKMBD di Kota Dumai,”tegas Parluhutan Harianja kepada kompasriau.com, Sabtu (15/2/2020).

Dikatakan Luhut Harianja, kebebasan berserikat, kebebasan mengeluarkan pendapat merupakan bagian dari hak asasi manusia dan kehidupan berbangsa dan bernegara di negara kesatuan Republik Indonesia.

“Namun, kita sebagai warga IKMBD harus memahami dan mempelajari, mencemati isi  AD/ART Ikatan Keluarga Masyarakat Batak Dumai. Bahwa organisasi memerlukan arah kebijakan dalam garis-garis besar sebagai pedoman dalam mencapai tujuan untuk melaksanakan AD/ART IKMBD. Pengurus IKMBD tidak boleh melanggar AD/ART IKMBD, karena di dalam AD/ART dari halaman 1 sampai dengan halaman terakhir tidak pernah ada tertulis Generasi Muda Batak Dumai (GMBD), tetapi yang ada diatur atau ditulis di AD/ART IKMBD tentang KEPEMUDAAN/PEMUDA,”terang Parluhutan.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang yang disebut-sebut calon Ketua Generasi Muda Batak Dumai, Henok Tambunan, ketika dikonfirmasi via telepon genggamnya mengatakan,”Kita sudah menyatakan keluar dari IKMBD dan kami berpisah dari IKMBD, karena kita mempunyai AD/ART sendiri,”ujar Henok Tambunan.

Sabungan Doloksaribu mengatakan,”Ah..tak habis pikir saya. Ada yang bilang GMBD keluar dari IKMBD.Setahu saya GMBD tidak pernah berada di dalam IKMBD, lalu bagaimana dia menyatakan keluar, di dalam saja tidak pernah orang tersebut, karena yang kita tahu di AD/ART IKMBD kepemudaan/pemuda IKMBD, tidak pernah ada saya baca GMBD,”kritik Sabungan Doloksaribu kepada kompasriau.com.***(Effendy Sitompul)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here