Walikota Dumai Tinjau Cek Points Rapid Test

0
143

DUMAI,KOMPASRIAU.com-Selasa pagi (2/6/2020), Walikota Dumai, Drs H Zulkifli AS,M.Si lakukan peninjauan ke dua cek points yang ada di sekitaran pasar Senggol, Kota Dumai.

Peninjauan yang dilakukan oleh Walikota Dumai sesuai target yang disampaikannya beberapa waktu lalu, bahwa sebanyak 1000 orang pedagang pasar akan jadi target untuk di rapid test.

Sebanyak 1000 orang pedagang tersebut di targetkan, yang tersebar di pasar Sri Mersing/Pulau Payung, pasar Senggol, pasar Dock, pasar Bundaran, Jayamukti dan pasar Bukit Kapur.

Untuk check points rapid test kali ini tertumpu di dua tempat, pertama di jalan Sudirman depan toko Ratu Tekstil dan yang kedua di depan mesjid Mujahidin Muhammadiyah.

Petugas yang terlibat di check points depan Ratu Tekstil tersebut terdiri dari 1 orang tenaga analisis atau Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) puskesmas Dumai Timur, 1 orang Surveilance puskesmas Dumai Timur dan 1 orang petugas posko gugus tugas bidang deteksi dan edukasi.

Beda dengan yang di depan mesjid Mujahidin Muhammadiyah, petugas puskesmasnya berasal dari Dumai Kota.

Terlihat beberapa pedagang duduk mengantri di bangku yang disediakan. Semua prosedur sesuai protokol Covid-19, seperti cuci tangan, pakai masker dan duduk dengan berjarak.

Setiap orang yang dirapid test akan didata sesuai KTP masing-masing dan didata nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pemberitahuan hasil test nantinya.

Usai di rapid test, setiap orang akan diberi tablet suplemen vitamin dan mineral sebanyak satu papan (10 tablet).

Termasuk wartawan kompasriau.com turut serta di rapid test. Rapid test itu sendiri di siapkan pemko Dumai untuk melayani pedagang secara gratis.

Beberapa pedagang yang ditanya kompasriau.com usai rapid test mengucapkan terima kasih kepada Pemko Dumai.

“Terima kasih untuk pemko Dumai yang telah menyediakan pelayanan rapid test. Dengan tersedianya check points rapid test ini, kita bisa tahu sampai dimana kondisi tubuh kita terkait status Covid-19 ini,”kata beberapa pedagang dengan senang.

Tampak beberapa pejabat turut mendampingi kunjungan Walikota Dumai, diantaranya Kapolresta Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira SIK MH, Kadis Perdagangan Zulkarnaen, Plt Kadis Kominfo Kota Dumai, Fauzan, Plt Kadis Kesehatan Kota Dumai, Syahrinaldi, Kabid P2P Nurbaity, Kabid Pengelolaan Pasar, Wan Sudirman, Camat Dumai Timur, Zulfahren, Lurah Teluk Binjai, Robby Hermawan, Babinsa Teluk Binjai, Sertu Abdul Kasim, Bhabhinkamtibmas Teluk Binjai, Bripka Hadianto Silaban dan ketua pedagang pasar Senggol, Mufainuddin SH dan Anwardi.

Walikota Dumai, ketika dikonfirmasi kompasriau.com mengatakan,”Mudah-mudahan hasil rapid test ini nantinya zero Covid-19, seperti di pasar Pulau Payung/Sri Mersing beberapa waktu lalu,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Dumai, Zulkarnaen mengatakan, “Pasar ini tempat berkumpul antara pedagang dan pembeli, jadi sangat rawan penyebaran Covid-19. Melihat hal itu maka dengan diadakannya spot rapid test ini kita bisa mengukur tingkat keterpaparan Covid-19,”ucap Zulkarnaen.

Menanggapi kunjungan Walikota Dumai tersebut, Ketua pedagang pasar Senggol, Mufainuddin mengatakan,”Kita juga dukung spot rapid test ini dan kepada para pedagang kita sudah himbau untuk mengikuti rapid test ini. Mudah-mudahan pasar Senggol tidak terpapar Covid-19,”harap Mufainuddin.

Liputan : Effendy Sitompul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here