Relawan Kukerta UNRI Bagikan Hand Sanitizer Di Tempat-Tempat Umum

0
62

PEKANBARU,KOMPASRIAU.com-Tempat-tempat umum menjadi sorotan penting sebagai klaster yang rawan penularan COVID-19 di era new normal. Salah satunya kegiatan di pasar tradisional yang acap kali terus berjalan secara signifikan, tentunya peningkatan akan kepedulian diri sendiri harus dijaga.

Dengan hal tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau 2020 yang tergabung sebagai relawan tanggap COVID-19, Kecamatan Tampan bersama Dosen pembimbing lapangan, Dra. Silvia Reni Yenti, M. Si melalui program kerjanya, melakukan pembagian hand sanitizer secara gratis kepada khalayak umum khususnya para pedagang di pasar tradisional Tuah Karya, Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Senin (15/06/2020).

“Distribusi hand sanitizer kita bagikan kepada khalayak umum, sebelumnya juga kita melakukan pembagian tahap pertama di area Traffic Light Tobek Godang, Kamis (28/05/2020) dan ini kegiatan tahap kedua.Tujuan kita memilih pasar tradisional sebagai sasarannya ialah dikarenakan banyaknya kegiatan transaksi di area ini, sehingga sangat perlu untuk menjaga diri atau self protection, salah satunya dengan menjaga kebersihan dengan menggunakan hand sanitizer, demi kebaikan antar pedagang dan pembeli,”ungkap Frengky Sanjaya Sitinjak selaku seksi Hulmas relawan.

Alat kesehatan (alkes) tentunya menjadi hak yang dicari-cari ditengah masa pandemi dan kenormalan baru. Sulitnya untuk mendapatkan alkes menjadi permasalahan serius yang perlu untuk direspon, harga yang mahal, serta ketersediaan barang yang minim. Terlebih berdasarkan riset dari World Health Organization (WHO) bahwa hand sanitizer efektif untuk membunuh kuman dan bakteri tanpa perlu dibilas air dengan memanfaatkan alkohol dan gel.

Distribusi hand sanitizer secara gratis ini merupakan inisiatif dari tim kukerta bersama dosen pembimbing lapangan dan juga merupakan hasil buatan sendiri, dengan memanfaatkan bahan yang telah dikoordinasikan dengan puskesmas setempat, layaknya seperti alkohol 70 persen, aloevera, serta baby oil menjadi bahan utamanya.

Kegiatan ini juga disambut positif oleh Sekretaris Camat (sekcam) Tampan, Syahrul, S.Pd., M. Pd. “Ini merupakan kegiatan yang inovatif dan baik, sebelumnya juga telah dilakukan beberapa kegiatan di wilayah kecamatan ini, seperti sosialisasi kesehatan, cuci tangan yang baik dan benar, partisipatif distribusi bantuan sosial. Semoga kedepannya tetap bisa dihadapkan pada kegiatan adik-adik mahasiswa yang lebih lagi, salah satunya seperti pembagian hand sanitizer ini,” tegas sekcam Tampan.

Kedepan, Frengky Sanjaya Sitinjak berharap masyarakat tetap sehat dan mengikuti protokol kesehatan di era new normal serta ia dan rekan timnya akan tetap berusaha melakukan kegiatan edukasi untuk masyarakat.

Penulis : Idris

Editor   : Nelson

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here