Proyek Air Minum Kota Dumai Hampir Rampung Akan Segera Diresmikan

0
103

DUMAI,KOMPASRIAU.com-Pengerjaan singkronisasi jaringan instalasi pipa air minum di Kota Dumai hampir rampung dikerjakan.

Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Kota Dumai, Riau Satrya Alamsyah, membenarkan bahwa progress fisik perbaikan instalasi jaringan air minum Kota Dumai yang sedang dikerjakan oleh badan usaha kerjasama Pemko Dumai pengerjaannya sudah rampung mencapai 90 persen.

“Pengerjaan fisik untuk tahap pertama saat ini sedang dikerjakan progresnya telah rampung 90 persen. Demikian ungkap Riau yang akrab dipanggil pak Rio itu saat ditemui kompasriau.com di ruang kerjanya PUPR Pemko Dumai, Kamis (15/10-2020).

Untuk itu diakui Rio, pengerjaan fisik tahap pertama yang sudah hampir rampung tersebut menurutnya akan segera di “lounching” atau segera diresmikan.

“Kalau tidak ada halangan akan segera dilakukan lounching pada akhir bulan Oktober 2020 ini,”tandas Rio.

Pelayanan target jaringan instalasi air minum untuk sambungan rumah (SR) tahun 2020 dengan target 2000 SR menurut Rio lokasinya dimulai dari wilayah jalan Meranti daerah Kelurahan STDI, Kecamatan Dumai Barat dilanjut ke wilayah kelurahan Dumai Kota.

Pengerjaan lanjutan membangun jaringan instalasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Dumai yang rampung 90 persen untuk tahap pertama debit air kapasitas 450 liter per detik.

Jaringan istalasi SPAM untuk kapasitas 450 liter per detik lanjut Rio menjelaskan dibangun berdasarkan 2 (dua) tahap.

Tahap pertama SPAM dibangun dengan kapasitas 50 liter per detik. Debit air kapasitas 50 liter per detik pengerjaan perpaikan/sambungan jaringan pipa SPAM sudah dimulai sejak tahun 2019 lalu hingga 2020 setelah proyek air minum kembali ditender tahun 2017.

Kemudian pembangunan SPAM tahap pertama tersebut nantinya akan ditingkatkan untuk kapasitas debit air minum menjadi 200 liter per detik namun pembangunannya akan dilakukan untuk tahun 2021 – 2022.

Sedangkan untuk pembangunan jaringan SPAM IPA untuk tahap 2 (ke dua) akan dilakukan pada tahun 2023 dengan kapasitas debit air 200 liter per detik, jelas Rio. ***

Penulis:  A.Tambunan

Editor  : Tina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here