Tentang Kami

Berani Mengungkap Fakta

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan dengan segala kerendahan hati, kami telah sepakat dan setuju untuk bersama-bersama mendirikan suatu Perseroan Terbatas bernama: PT Warta Pena Riau, Akta nomor: 28 Tahun 2015 yang dibuat oleh Notaris Berlin Nadeak SH, dan Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-2473921.AH.01.01, Tahun 2015.

 

Bahwa maksud dan tujuan perseroan ini adalah khusus di bidang Perusahaan Pers, yaitu melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut:

 

  1. Media Online (Fortal WEB), Surat Kabar, yaitu Surat Kabar Harian (koran) penerbitan setiap hari, penerbitan berkala, yaitu penerbitan berkala meliput :Majalah, Tabloid dan lain-lain penerbitan lainnya yang diterbitkan dalam jangka waktu tertentu sekurang-kurangnya tiga bulan sekali.

 

Bahwa untuk mencapai tujuan tersebut diatas, kami telah melaksanakan kegiatan usaha, yaitu media online kompasriau.com (Fortal Web), dengan motto “Berani Mengungkap Fakta”. Saat ini media kompasriau.com telah mengakses berbagai informasi data dan fakta bagi kebutuhan publik, guna mewujudkan prinsip transparansi sebagaimana salah satu syarat terciptanya tata cara pemerintahan yang baik.

 

Bahwa sebelum berita  dimuat di Media Online kompasriau.com, kami harus terlebih dulu melakukan koreksi terhadap semua informasi data,fakta yang telah terkumpul di meja keredaksian, guna menyaring, mengedit dan menyempurnakan bahasa,kalimat tata letak berita agar mudah dipahami oleh para pembaca, sehingga semua berita yang kami muat tidak menciptakan pemahaman ganda atau berbeda terhadap sesuatu berita dengan fakta sesuai dengan kode etik jurnalistik.

 

Kedaulatan Rakyat

Bahwa seperti kita ketahui bersama, bahwa kemerdekaan Pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat dan menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis, sehingga kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 harus terjamin.

 

Bahwa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis dan menyatakan pikiran dan pendapat sesuai hati nurani dan hak memperoleh informasi, merupakan hak asasi manusia yang sangat hakiki, yang diperlukan untuk menegakkan keadilan dan kebenaran dan memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Bahwa wartawan media kompasriau.com, harus berkomitmen berani mengungkap fakta untuk menegakkan keadilan, kebenaran dan memajukan kesejahteraan umum. Kita sebagai wartawan, tentu harus memahami hak, fungsi, kewajiban dan peranan Pers. Dan untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.

 

 Ingat dipundak kita ada tanggungjawab moral yang harus ditegakkan

Bahwa dipundak kita ada tanggungjawab moral yang harus ditegakkan. Ketika tanggungjawab itu kita abaikan, maka ketika itu pula kita diminta pertanggungjawaban secara hukum duniawi dan hukum sang pencipta. Karena wartawan yang bertugas dilapangan juga adalah wakil masyarakat untuk memperoleh informasi data dan fakta yang selanjutnya diolah dan dikemas menjadi berita untuk kepentingan masyarakat.

 

Bahwa pemberian ruang serta akses lebih terbuka kepada wartawan merupakan keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor: 40 tahun 1999 tentang Pers dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Bahwa keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara.

 

Bahwa untuk mencapai hal tersebut, Pemimpin Umum/Redaksi mengajak kita semua wartawan yang bergabung dibawah naungan media online kompasriau.com, Marilah kita selaku setia berdo’a,  agar Tuhan Yang Maha Esa senantiasa akan memberikan kesuksesan kepada kita didalam melaksanakan tugas peliputan sehari-hari.

 

Dumai, 19 Desember 2015

 

.

 

KOMPASRIAU.COM

ALAMAT KANTOR PU/ REDAKSI

JL. JEND. SUDIRMAN LANTAI II, DUMAI-RIAU

Hp : 0813 6544 7753

EMAIL: wartapena.dumai@yahoo.com